Ledakan LDM

Oleh Yang Putri

Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) yang merupakan salah satu UKM yang ada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati, pada tanggal 10-17 Mei 2009 telah mengadakan sebuah kegiatan yang merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan satu tahun sekali. Kegiatan tersebut bernama SEMARAK LDM 2009, yang untuk tahun ini mengambil tema, “LDM Semakin Dekat di Hati, Siap Berbakti, Raih Ridho Illahi”. Tujuan diadakan SEMARAK ini antara lain untuk menjalin keeratan silaturahmi antara LDM, khususnya dengan civitas mahasiswa UIN, dan umumnya dengan masyarakat luar kampus.

Adapun kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam SEMARAK tahun ini antara lain:

1. Training Motivasi

Training Motivasi yang diselenggarakan oleh LDM pada hari Minggu, 10 Mei 2009 merupakan sebuah bentuk kerjasama dengan Ihyaud Dakwah Foundation (IDF) sebuah lembaga yang bergerak dalam kegiatan dakwah umat Islam.

Agenda yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini bertempat di lantai utama Masjid Iqomah UIN SGD Bandung dengan pemateri Ustadz Eko Abu Jihad ( menggantikan Ustadz H. Taufik Ismail Lc. yang berhalangan untuk hadir) mengambil tema “So, Pede Aja Lagi” yang merupakan singkatan dari “Spirit Organize, Penuh Energi dan Ekspresi, Amal Jama’l, Latihan Giat” dengan judul, “Gimana sich Caranya Dakwah di Masyarakat?”

Tujuannya diadakan acara ini di antaranya agar setiap para aktivis dakwah dapat mengetahui tentang bagaimana cara terbaik berdakwah dalam masyarakat yang penuh dengan perbedaan dan berbagai realitas social lainnya. Secara khusus training motivasi ini adalah sebagai ajang pembekalan bagi segenap kader LDM yang akan mengikuti kegiatan Dauroh Ijtimaiyyah. Training ini dihadiri 84 peserta termasuk di dalamnya 29 ikhwan dan 55 akhwat. Training motivasi ini berakhir pada pukul 10.30 WIB.

2. Seminar Pendidikan Anak

Seminar Pendidikan Anak (SPA) merupakan sebuah kegiatan yang dikoordinasi oleh LDM dengan TK Az-Zahra yang merupakan salah satu bagian struktur dari organisasi LDM.

Agenda pada hari Senin , tanggal 11 Mei 2009 ini terbagi ke dalam beberapa tempat, yang pertama di auditorium UIN SGD Bandung sekaligus menjadi tempat pembukaan SEMARAK LDM 2009, kemudian di SC (Student Center UIN SGD Bandung) dan di ruang kelas TK Az-Zahra di lantai dasar mesjid Iqomah sebagai perlombaan anak-anak TK se-Bandung Timur dengan jumlah peserta 70 orang.

Tema yang diangkat dalam SPA kali ini adalah “ Penerapan Metode PAKEMI (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, dan Inovatif) Untuk Anak Usia Dini” . adapun pembicara dalam seminar tersebut adalah Elli Marlina M.Si dan Widayati Nurbudiman S.E di auditorium UIN SGD Bandung dengan jumlah peserta seminar 100 orang. Kegiatan seminar ini berlangsung dari pukul 08..30-11.00 dengan diselingi oleh aneka kreasi ibu-ibu. Di antaranya demo memasak dan membuat jus.

3. Tarbiyatun Nisaa Plus

Acara ini diberinama Tarbiyatun Nisaa Plus karena pesertanya tidak hanya akhwat tetapi ikhwan pun diperkenankan untuk mengikuti acara ini. Acaranya adalah bedah buku New Quantum Tarbiyah dengan tema, “ Agar Bidadari Naksir Padamu” bersama Ustadz Solikhin Abu Izzudin (penulis Best Seller, “Zero to Hero”)

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2009 di aula Student Centre, diikuti oleh peserta dari berbagai LDK yang ada di Jawa Barat diantaranya LDK UIKA Bogor, STAIN Cirebon, UNWIR Kuningan, UNSIL Tasikmalaya, FSLDK Baraya, dan anggota plus kader LDM juga. Acara ini dimeriahkan oleh grup nasyid Tirai (Kumpulan Anak Jurnalistik UIN).

Acara TN Plus ini dimulai dari pukul 09.00-12.30. Setelah itu istirahat untuk melaksanakan shalat dzuhur yang kemudian dilanjutkan dengan acara keputrian bersama The Seny dan The Agtri, yang dimulai pukul 13.30-15.30 WIB di tempat dan hari yang sama.

4. Dauroh Ijtimaiyyah (Pengabdian Masyarakat)

Dauroh Ijtimaiyyah merupakan agenda terakhir dari serangkaian kegiatan SEMARAK LDM 2009 dan memakan waktu yang cukup panjang yaitu dari tanggal 13-16 Mei 2009, dengan mengangkat tema, “Dakwah dengan Iman dan Ukhuawah, Tetap Istiqamah”. Adapun pada tanggal 17 Mei merupakan puncak dari seluruh kegiatan SEMARAK, khususnya Daurah Ijtimaiyyah ini dengan ditandai Tabligh Akbar bersama Ustadz Mulyadi Al-Fadhil S.Sos.I, kemudian Baksos (Sembako Murah, Cek Kesehatan Gratis, Pakaian Murah bahkan Gratis) serta perlombaan yang diikuti oleh adik binaan Daurah Ijtimaiyyah yang berasal dari masyarakat sekitar wilayah desa Cipadung dari RW 01 sampai RW 16. Semua acara ini dipusatkan di halaman masjid Iqamah mulai pukul 09.00-15.00..***

Comments
One Response to “Ledakan LDM”
  1. Reza says:

    advertorial ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: